Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis untuk memecahkan
masalah sistematis.
Menurut KBBI algoritma adalah “urutan logis pengambilan putusan untuk pemecahan masalah”
Kebanyakan algoritma ditujukan untuk diimplementasikan
sebagai program kompter. Namun, algoritma juga diimplementasikan dengan tujuan
lain, seperti dalam jaringan saraf biologis (sebagai contohnya, otak manusia
yang mengimplementasikan aritmetika atau sebuah serangga yang melihat makanan),
dalam sirkuit elektris, atau dalam sebuah perangkat mekanis.
Tapi dalam materi yang saya bahas ini saya hanya akan bahas
algoritma di bidang IT khususnya program komputer
LANGKAH-LANGKAH
DALAM MEMBUAT PROGRAM
- Mendefinisaikan masalah
- Menentukan solusi
- Memilih algoritma
- Menulis program
- Menguji program
- Menulis dokumentasi
- Merawat program
- Penjelasan awal :
1.
mendefinisikan masalah
Tentukan permasalahan
terlebih dahulu kemudian tentkan apa saja yang harus dipecahkan dengan computer
kemudian tentukan masukan dan keluaranya.
2.
menentukan solusi
Setelah masalah
didefinisikan , diketahui masukan dan
keluaran apa yang akan diberikan sudah jelas semua setelahnya tinggal kita
mencari jalan bagaimana masalah tersebut diselesaikan .
3.memilih
algoritma
Algoritma dapat
disajikan dalam kata kata (English structure- Indonesia),pesoudocode dan
flowchart(bagan).
4. menulis
program
Disinilah kita
memumalai penulisan kode program untuk pemecahan masalah ,disusun dalam bahasa
pemrogaman ,maka dibutuhkan suatu penterjemah ialah interpreter dan compiler.
5. Menguji
program (testing and debugging)
Tujuanya agar
program yang di rancang berjalan dengan prosedr yang benar dan dapat menemukan
masalah masalah yang ada dalam program.
6. menulis
dokumentasi
Menulis tiap program (per-baris) tiap program nya
diberikan komentar atau penjelasan dari setiapnya
7. Merawat
program
Merawat dari
bug yang sebelumya tidak terdeteksi dan penambahan fasilitas jika di butuhkan
Penulisan
algoritma
1. Kalimat
Deskriptif.
Menggunakan
untaian kalimat untuk menjelaskan langkah – langkah
Contoh:
PROGRAM GanjilGenap
Diberikan sebuah bilangan bulat positif X untuk dicek
apakah termasuk ganjil atau genap
ALGORITMA
Jika X habis dibagi 2 maka tulis “Genap”, jika tidak
maka tulis “Ganjil”
flowchart
Menggunakan simbol – simbol untuk menggambarkan aliran atau
langkah – langkah
Contoh
pseducode
Menggunakan kode – kode untuk menyatakan langkah – langkah
Mirip bahasa pemrograman
Contoh:
DEKLARASI
X : integer
ALGORITMA
read(X)
if X mod 2 = 0 then {apakah X habis dibagi 2}
write(“Genap”) {jika ya}
else
write(“Ganjil) {jika tidak}
No comments:
Post a Comment